Rembug Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Desa Nyalian Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung

Desa Dawan Klod dan Desa Nyalian di Kabupaten KlungkungBali ditetapkan sebagai percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) dan Bebas dari Narkoba (Bersinar).

Penetapan dilakukan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, di Balai Banjar Tengah, Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan, Minggu (13/2/2022).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang ikut hadir dalam acara itu, mengatakan dalam melindungi perempuan dan anak, khususnya di daerah itu, sudah dilakukan dengan membangun kawasan tanpa rokok guna melindungi dari jangkauan asap rokok.

Sebagai tindak lanjut dari ditetapkannya Desa Nyalian sebagai salah satu Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, maka pada hari Senin tanggal 14 Februari 2022 dilakukan kegiatan berupa rembug desa di Wantilan Desa Nyalian.

Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas Sosial PPPA Provinsi Bali, Dr. dra. Dewa Ayu Laksmiadi Janapriati., M.Par pada kesempatan rembug desa ini selaku Fasilitator Provinsi menyampaikan penjelasan tentang Indikator kelembagaan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Terdapat 10 indikator yang dipenuhi suatu desa untuk dapat dinyatakan sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA), diantaranya pengorganisasian perempuan dan anak di desa, desa memiliki data pilah yang memuat tentang perempuan dan anak, ada kebijakan di desa yang mengatur implementasi DRPPA. Kemudian ada pembiayaan keuangan di desa untuk mewujudkan DRPPA, presentase keterwakilan perempuan di pemerintahan desa, persentase perempuan wirausaha di desa, termasuk adanya peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan dan pendidikan, tidak ada anak yang bekerja, tidak ada kekerasan perempuan dan anak di desa,  dan tidak adanya perkawinan anak.

DRPPA merupakan perwujudan upaya negara dalam mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Salam Berlian … Bersama Lindungi Anak